Senin, 23 Januari 2017, 08:20

Gerak Jalan Kerukunan: Umat Katolik Bersatu dalam Keberagaman

Jakarta,DBKat--Bersatu dalam Keberagaman, pesan itulah yang disampaikan umat Katolik dalam acara Gerak Jalan Kerukunan yang diadakan oleh Kementerian Agama RI pada Hari Minggu, 22 Januari 2017 di Jakarta. Kegiatan Gerak Jalan Kerukunan ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti ke-71 yang diperingati setiap tanggal 3 Januari. Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin hadir dan langsung memimpin Rombongan Gerak Jalan Kerukunan Kementerian Agama bersama segenap Pejabat, Karyawan-Karyawati dan Mitra Kerja Kementerian Agama. Gerak jalan ini mengambil rute mulai dari Kantor Kementerian Agama RI di Jalan Lapangan Banteng Barat, menyusuri Jalan Pejambon, mengitari Lapangan Monas dan kembali finish di Halaman Kantor Kementerian Agama RI.

Rombongan umat Katolik bergabung besama peserta Gerak Jalan Kerukunan dari lintas agama. Mereka dengan semangat menyanyikan lagu-lagu perjuangan seperti Garuda Pancasila, Maju Tak Gentar di sepanjang perjalanan untuk semakin menambah semarak Gerak Jalan Kerukunan.

Pastor Agus Ulahayanan, Pr selaku Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Agama dan Kepercayaan KWI turut hadir dalam acara Gerak Jalan Kerukunan tersebut mewakili Konferensi Waligereja Indonesia, menyampaikan bahwa partisipasi umat Katolik dalam Gerak Jalan Kerukunan ini mengandung pesan untuk memotivasi masyarakat agar semakin memperhatikan kesehatan fisik, kesehatan sosial yang ditandai melalui hubungan dengan sesama yang menjadi semakin baik, dan juga kesehatan alam semesta yakni adanya keharmonisan hubungan antara manusia dengan alam semesta. Apabila ketiga hal tersebut telah terwujud akan bermuara pada terciptanya kebahagiaan umat manusia dan kemuliaan Allah menjadi semakin nyata.

Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi beserta Ibu Susana Binsasi Sarumaha, menyambut dengan hangat kehadiran para peserta Gerak Jalan Kerukunan. Pastor Antonius Suyadi, Pr selaku Ketua Komisi Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan (HAAK) Keuskupan Agung Jakarta menyampaikan bahwa umat Katolik yang hadir terdiri dari utusan Paroki-Paroki di Keuskupan Agung Jakarta, Wanita Katolik Republik Indonesia (Wanita Katolik RI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Vox Point Indonesia, sebagai tanda bahwa umat Katolik bagian dari keberagaman umat beragama di Indonesia. "Semoga kehadiran umat Katolik yang ada ini sungguh memberikan warna kebersamaan di tengah kemajemukan yang ada dan memberikan kontribusi untuk kehidupan bersama yang lebih baik di Indonesia ini," ungkap Pastor Antonius Suyadi, Pr.

*MNSK

Berita Lainnya
Senin, 8 Januari 2018, 14:09

Mari, Tebarkan Kedamaian!

Rabu, 3 Januari 2018, 11:44

Pesan Kedamaian Menteri Agama pada HAB Kemenag ke-72

Kamis, 3 Agustus 2017, 11:12

Kemeriahan Misa Pembukaan AYD 2017: Yesus Mencintai Kamu

Senin, 27 Februari 2017, 09:26

Program Strategis Kemenag Harus Memberi Solusi Terhadap Penanganan Isu Aktual Umat Beragama

Jumat, 27 Januari 2017, 16:01

HAB ke-71: DITJENBIMAS Katolik Raih 11 Piala dan Juara Umum III