Senin, 27 Februari 2017, 09:26

Program Strategis Kemenag Harus Memberi Solusi Terhadap Penanganan Isu Aktual Umat Beragama

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin

Jakarta, DBKat--Kementerian Agama RI kembali melaksanakan Rakernas yang bertempat di Hotel Mercure Convention Center, Ancol tanggal 26-28 Februari 2017. Rakernas yang mengusung tema "Meningkatkan Kinerja Kementerian Agama dalam Mengoptimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat" ini dihadiri Pejabat Kementerian Agama se-Indonesia.

Dalam arahan pembukanya, Menteri Agama RI mengapresiasi kegiatan ini sebagai momentum yang tepat untuk menyamakan persepsi dan mengkonsolidasikan segenap jajaran pimpinan dalam lingkup institusi Kementerian Agama untuk menyukseskan program kerja yang berorientasi pelayanan kepada masyarakat. "Saya memiliki ekspektasi dan obsesi yang tinggi tentang langkah perubahan di Kementerian Agama yang menjangkau hampir semua bentuk dan jenis pelayanan kepada masyarakat akan berdampak positif terhadap citra Kementerian Agama. Sejalan dengan tujuan Reformasi Birokrasi, perubahan bermula dari mindset dan budaya kerja aparatur yang mengedepankan nilai-nilai integritas," ungkap Menteri.

Menteri Agama juga memberi perhatianterhadap pelaksanaan program kerja dan peningkatan kapasitas kinerja Aparatur Sipil Negara Kemenag. Program kerja Kementerian Agama harus mampu menjawab kebutuhan dan tuntutan masyarakat terutama menyangkut bimbingan, pelayanan, pemberdayaan, dan perlindungan umat beragama sesuai dengan prinsip-prinsip good governance. Dalam pelaksanaan rencana kerja dan anggaran tahun 2017, Menteri meminta perhatian seluruh unsur pimpinan Kementerian Agama Pusat dan Daerah serta Perguruan Tinggi untuk mencermati ketepatan sasaran, laporan, dan pertanggungjawaban program kerja tahunan. "Pada prinsipnya, upaya meningkatkan kinerja organisasi harus dilakukan secara progresif, berkelanjutan, serta sinergis antarsektor," ungkap Menteri yang juga meminta komitmen, kerjasama, dan kesiapan semua unsur. Sementara itu, ASN harus memiliki landasan kinerja yang profesional dan bermartabat, unggul dan berdayasaing yang tercermin dari meningkatnya Indeks Kepuasan Publik terhadap layanan keagamaan, pendidikan, penyelenggaraan haji, dan kerukunan umat beragama yang berada di bawah kendali atau tanggungjawab Kementerian Agama. Lebih lanjut, Menteri Agama menekankan bahwa Program-Program Strategis Kemenag harus memberi solusi terhadap penanganan isu-isu aktual umat beragama.

Di akhir arahannya, Menteri mengharapkan hasil dan rekomendasi Rakernas ini nantinya segera ditindaklanjuti oleh semua unit kerja di lingkungan Kementerian Agama Pusat dan Daerah.

Selanjutnya, Rakernas akan menghadirkan Kapolri dan Kepala BIN dalam sesi panel tentang Potensi Kerawanan dan Disintegrasi Bangsa di tengah upaya mempertahankan NKRI, juga Kepala Ombudsman RI terkait Hasil Evaluasi Layanan Publik Kementerian Agama dan Strategi Peningkatannya. Selain itu, pemaparan materi dari narasumber internal dan Sidang-Sidang Komisi.

*Joice/Putri