Rabu, 19 April 2017, 20:14

Dirjen: Jadikan Kebangkitan Paskah Dasar Teologi Pelaksanaan RB

Bogor, DBKat--Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi melihat Paskah yang baru saja dirayakan umat Katolik bisa jadi dasar teologi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan DITJENBIMAS Katolik. Hal ini disampaikan Dirjen dalam arahannya pada pertemuan Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan RB di Lingkungan DITJENBIMAS Katolik yang diselenggarakan di Bogor, Rabu (19/4). Pertemuan ini diikuti Pejabat dan Staf DITJENBIMAS Katolik.

Ada empat (4) aspek Manajemen Perubahan -salah satu aspek penting dari pelaksanaan RB-yang menjadi sorotan Dirjen, salah satunya adalah perubahan pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set). Makna Paskah bagi perubahan mind setdan culture set adalah kebangkitan pola pikir dan budaya kerja lama yang tidak baik untuk diubah menjadi baru, menjadi lebih baik.

"Bagi umat Katolik, Paskah adalah kebangkitan. Kebangkitan dimaknai sebagai sebuah perubahan: mengalami hidup baru. Maka RB bagi kita di lingkungan DITJENBIMAS Katolik adalah perubahan pola pikir dan pola kerja yang tidak baik menjadi baik," ungkap Dirjen.

Memperhatikan proses pelaksanaan Evaluasi RB yang dilakukan setiap tahun, maka menurut Dirjen salah satu hal yang menjadi perhatian serius adalah bukti-bukti dokumen RB harus dikumpulkan dengan sistematik dan terstruktur.

"Dokumen-dokumen evidence itu tidak saja yang bersifat umum, lebih dari itu, setiap individu perlu menyiapkan folder masing-masing terkait hasil kerjanya setiap hari agar tidak kehilangan jejak dan kita bisa mengukur kualitas kinerja kita," lanjut Dirjen.

Banyak sekali variabel-variabel pendukung RB yang harus dipikirkan dan dikerjakan dengan baik. Perlu melakukan monitoring dengan evaluasi rencana kerja RB secara kontinyu. Hasil evaluasi tidak sekadar menjadi dokumen tetapi harus ditindaklanjuti. Untuk itu, Dirjen berpesan perlu komitmen dari semua pihak agar pelaksanaan RB berjalan dengan baik dan hasilnya bisa dirasakan bersama. Selain itu perlu pemetaan item-item apa saja yang sudah dan yang belum dilaksanakan.

Pertemuan ini akan dilaksanakan selama empat hari, diisi dengan pemaparan materi narasumber dari Kemenpan-RB, Inspektorat Jenderal Kemenag, BKN dan Biro ORTALA Setjen Kemenag.

*Joice

Berita Lainnya
Selasa, 21 Maret 2017, 09:08

Pelaksanaan Anggaran Triwulan I Ditjen Bimas Katolik

Senin, 6 Maret 2017, 12:07

Ditjen Bimas Katolik Menyempurnakan Uraian Jabatan

Jumat, 24 Februari 2017, 10:25

Penyusunan Pagu Indikatif TA 2018 Program Bimas Katolik

Kamis, 19 Januari 2017, 15:04

Sekretaris DITJENBIMAS Katolik Membuka Kegiatan Lomba Seni

Kamis, 29 Desember 2016, 10:14

Jokowi: Natal Menghadirkan Cinta