Rabu, 3 Mei 2017, 11:17

Bimbingan Teknis Aplikasi SMART Tingkat Nasional

Jakarta, DBKat--Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Bimbingan Masyarakat Katolik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan bertanggung jawab atas pelaksanaan Program Bimbingan Masyarakat Katolik. Termasuk pertanggungjawaban atas penggunaan anggaran yang dikelola.

Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas sesuai tugas dan kewenangan masing-masing melakukan pemantauan atas pencapaian kinerja Kementerian/Lembaga. Hasil pemantauan dan evaluasi sebagaimana dimaksud, digunakan sebagai bahan pertimbangan penerapan ganjaran dan sanksi dalam penetapan Pagu Anggaran Kementerian/Lembaga.

Pemantauan atas pencapaian kinerja Kementerian/Lembaga diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 249 Tahun 2011 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Atas Pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga. Kementerian Keuangan, melalui Direktorat Jenderal Anggaran, melakukan evaluasi kinerja penganggaran dengan menggunakan sistem berupa aplikasi SMART (Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu).

Dalam rangka memberikan pemahaman tentang ketentuan dan teknis pengukuran evaluasi kinerja dan meningkatkan pengetahuan, keahlian, serta keterampilan operator SMART, DITJENBIMAS Katolik menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi SMART Tingkat Nasional di Jakarta pada 2 s.d. 6 Mei 2017.

Ketua Panitia, Sri Wahyuni, menyampaikan dalam laporannya bahwa sasaran dari kegiatan Bimtek ini adalah terwujudnya 50 orang operator SMART Satker yang meningkat pengetahuan, keahlian, dan keterampilannya mengelola aplikasi SMART dalam rangka pengukuran dan evaluasi kinerja atas pelaksanaan rencana kerja dan anggaran Program Bimbingan Masyarakat Katolik.

Mengangkat tema Bimbingan Teknis Aplikasi SMART Tingkat Nasional Menuju Pencapaian Kinerja Program Bimbingan Masyarakat Katolik yang Akuntabel, kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Ditjen Bimas Katolik, Agustinus Tungga Gempa. Dalam sambutannya, Sekretaris mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Saya sampaikan apresiasi kepada Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi untuk pelaksanaan Bimtek SMART ini. Kegiatan yang strategis untuk membangun pemahaman bagaimana e-SMART di Bimas Katolik, papar Sekretaris.

Disampaikan Sekretaris bahwa monitoring dan evaluasi dilakukan pada saat melakukan kegiatan. Evaluasi dilakukan diakhir, dimana titik lemah dan dimana titik keberhasilannya. Diakhir sambutannya, Sekretaris juga menegaskan agar kita selalu memberikan yang terbaik dalam bekerja.

Bimtek Aplikasi SMART ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan dan Biro Perencanaan Kementerian Agama.

*Sakeng

Berita Lainnya
Jumat, 17 November 2017, 12:04

Menuju Pertanggungjawaban Keuangan yang Transparan dan Akuntabel

Minggu, 23 Juli 2017, 13:52

Penyusunan Program Perlu Skala Prioritas dan Fokus Pada Kebutuhan Masyarakat

Rabu, 19 Juli 2017, 15:39

Penyusunan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Rabu, 19 April 2017, 20:14

Dirjen: Jadikan Kebangkitan Paskah Dasar Teologi Pelaksanaan RB

Sabtu, 8 April 2017, 17:45

Pertemuan Konsultasi Ditutup