Kamis, 3 Agustus 2017, 11:12

Kemeriahan Misa Pembukaan AYD 2017: Yesus Mencintai Kamu

Yogyakarta,DBKat--Tepuk tangan bergemuruh di gedung Jogja Expo Center, ketika Kardinal Patrick DRozario, C.S.C., berusaha mengatakan "Yesus Mencintai Kamu" dalam bahasa Indonesia. Ketua Federation of Asian Bishop Conferences (FABC) ini, memimpin Perayan Ekaristi Pembukaan Asian Youth Day ke-7 di, Yogayakarta (2/8) lalu.

Di hadapan 3.000 peserta yang hadir, Kardinal Patrick mengapresiasi semangat sukacita yang diletupkan kaum muda Katolik Asia, secara kompak dan dinamis. "Ini adalah ungkapan sukacita dalam multikultural Asia," ungkap Kardinal disambut riuh tepuk tangan peserta. Bersama dengan konselebran para Kardinal dan Uskup se-Asia, Kardinal Patrick menegaskan sukacita ini menjadi sebuah bentuk kesadaran bahwa Yesus senantiasa mencintai kaum muda.

Orkestra megah yang dimainkan ratusan orang muda Katolik Yogyakarta, mengiringi aneka lagu yang dinyanyikan dalam tiga bahasa: Indonesia, Inggris, dan Latin. Perpaduan warna Asia yang khas Katolik, memberikan kekuatan kebersamaan sebagai satu masyarakat Asia yang plural. Hal ini pun ditandaskan Kardinal Patrick dalam homilinya. "Melalui momen ini kaum muda mengemban misi kesaksian dalam kelemahan dan diutus untuk mencintai karena kaum muda telah dicintai," ungkap Kardinal.

Warna kemajemukan juga tersirat dari doa umat yang dibawakan dalam aneka bahasa ibu masing-masing negara. Iring-iringan persembahan, memakai nuansa Nusantara, yang bermuatan ragam suku dan adat-budaya Indonesia.

Hingga akhir Misa Pembukaan, gaungan sukacita terus didentangkan kaum muda Asia sambil mengibarkan bendera bangsanya. Penghayatan mereka, selain sukacita kebersamaan, juga memberikan dukungan satu dengan yang lain, sebagai penyebar pesan perdamaian dan solidaritas.

*Maria dan Joice

Berita Lainnya
Jumat, 27 Januari 2017, 16:01

HAB ke-71: DITJENBIMAS Katolik Raih 11 Piala dan Juara Umum III

Senin, 23 Januari 2017, 08:20

Gerak Jalan Kerukunan: Umat Katolik Bersatu dalam Keberagaman

Jumat, 20 Januari 2017, 10:27

Dari Lomba Catur: Persembahan dari Hati

Jumat, 20 Januari 2017, 08:27

Tiga Kali Bertanding, DITJENBIMAS Katolik Puas Dengan Juara III

Jumat, 13 Januari 2017, 14:35

Satu Kata Untuk Tim Bimas Katolik: KEREN!