Jumat, 15 September 2017, 14:08

Pendidikan Kemandirian Yang Digagas Dirjen Sejalan Dengan Cita-cita Komisi PSE-KWI

Foto: Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi (oleh Romo Beny Jaya)

Jakarta,DBKat--Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi hadir memberi sambutan pada pembukaan Konperensi Nasional (Konpernas) Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) XXIV. Mengambil tema Melindungi dan Mengelola Sumber Hak Hidup Ekonomi Masyarakat Lokal, Konpernas yang diikuti oleh para pengurus Komisi PSE Keuskupan dan para penggerak Kerasulan PSE Keuskupan berlangsung 11 s.d. 15 September 2017 di Jakarta. Konperensi Nasional (Konpernas) merupakan Rapat Pleno yang secara rutin digelar setiap tiga tahun sekali oleh Komisi PSE KWI.

Dalam pengantar sambutannya, Dirjen mengapresiasi kegiatan Konpernas Komisi PSE ini. Kegiatan ini, menurut Dirjen menjadi kesempatan bagi semua pihak untuk refleksi, saling berbagi dan belajar tentang upaya dan kerja dalam membangun kesejahteraan umat dan masyarakat.

"Membangun kesejahteraan umat dalam konteks kehidupan menggereja dapat ditempuh dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling mendasar adalah Pemberdayaan Rasuli," ungkap Eusabius.

Pemberdayaan rasuli yang dimaksudkan adalah menciptakan dan mempersiapkan kader-kader gereja untuk terlibat aktif dan produktif dalam kehidupan gereja pada dimensi sosial-ekonomi.

Eusabius melanjutkan bahwa Ditjen Bimas Katolik mendukung cita-cita Komisi PSE KWI melalui program Pendidikan Kemandirian yang telah dicanangkan sejak tahun 2016. Pendidikan Kemandirian ini sejalan dengan cita cita PSE untuk menciptakan dan mempersiapkan kader-kader gereja untuk terlibat aktif dan produktif dalam kehidupan gereja pada dimensi sosial-ekonomi.

Terselenggaranya kegiatan Konpernas Komisi PSE KWI kali ini, menurutnya menjadi kesempatan untuk membangun komitmen sebagai mitra yang baik dalam mengembangkan kehidupan sosial-ekonomi umat dengan berbagai cara sesuai dengan Tugas dan Fungsi masing-masing.

"Saya berharap kegiatan Konpernas ini memberi inspirasi dan semangat baru bagi usaha kita bersama membangun kesejahteraan umat," tutup Eusabius.

Hadir dalam pembukaan kegiatan ini Ketua KWI, Mgr Ignatius Suharyo; Ketua Komisi Kateketik KWI, Mgr Paskalis Bruno Syukur; Ketua Komisi PSE, Mgr. John Philips Saklil. Pemprov DKI pun hadir diwakili oleh Bapak Junadi, Wakil Walikota Jakarta Utara.

(Kontributor: Romo Beny Jaya)

Berita Lainnya
Rabu, 6 September 2017, 13:21

Sekolah Menengah Agama Katolik Pertama Pulau Timor terlahir di Betun

Senin, 24 Juli 2017, 11:43

Umat Katolik Hendaknya Menjadi Agen Dialog Kerukunan di Tengah Masyarakat

Senin, 17 Juli 2017, 14:20

RDP Komisi VIII DPR RI dengan Dirjen Bimas Katolik

Sabtu, 15 Juli 2017, 09:59

Dirjen Hadiri Yubileum Emas Mgr. Angkur

Rabu, 14 Juni 2017, 13:23

Menyambut PESPARANI, DITJENBIMAS Katolik Selenggarakan Sosialisasi dan Pembentukan LP3KN