Jumat, 15 September 2017, 14:23

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Agama Katolik Melalui Bimtek

Kefamenanu,DBKat--Salah satu Kebijakan strategis Ditjen Bimas Katolik di bidang pengelolaan dan pembinaan pendidikan Katolik adalah, mewujudkan tenaga pendidikan dan kependidikan agama Katolik yang berkualitas. Kegiatan konkrit yang dilakukan antara lain, melalui kegiatan bimbingan teknis peningkatan kompetensi guru pendidikan agama Katolik tingkat dasar.

Sepanjang Tahun Anggaran 2017 ini, Ditjen Bimas Katolik melalui Direktorat Pendidikan Katolik menggelar kegiatan serupa di sembilan pronvinsi yang tersebar di 29 Kabupaten yang ada di Indonesia. Salah satunya Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru Penddikan Agama Katolik Tingkat Dasar Kab. Alor, Timor Tengah Selatan, dan Timor Tengah Utara di Kefamenanu NTT tanggal 7 11 September 2017. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik ini, berjumlah 51 orang yang tersebar di wilayah daratan kabupaten tersebut.

Dalam sambutannya, Dirjen kembali mengingatkan tentang Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, yang menyebutkan bahwa setiap guru wajib memenuhi standar kualifikasi akademik dan kompetensi yang berlaku secara nasional. Kualifikasi akademik, diperoleh satuan pendidikan melalui jalur pendidikan formal termasuk kualifikasi akademik pendidikan dan program studi yang terakreditasi.

Sedangkan standar kompetensi guru dikembangkan secara utuh kompetensi utama yang terintegrasi dalam kinerja guru. Untuk merealisasikan hal itu, maka Ditjen Bimas Katolik berupaya mewujudkan cita-cita regulasi tersebut melalui kegiatan Bimtek ini. "Wadah ini selain sebagai sarana meningkatkan kompetensi guru, juga menumbuhkan motivasi sebagai seorang pendidik, khususnya guru agama Katolik," papar Dirjen.

Kegiatan yang diketuai Kasubdit Pendidikan, Eka Yuliarsih, beserta tim Subdit Pendidikan Dasar ini, menghadirkan para narasumber yang piawai di bidangnya. Yakni, Direktur Urusan Agama Katolik, Kepala Kantor Kemenag Kefamenanu, Atrik Wibowo, Rm. Leo Sugiyono MSC, dan Rm. Kristophorus Ukat Pr. (Maria Masang)

Berita Lainnya
Kamis, 22 Maret 2018, 08:08

Penilaian Angka Kredit dan Inpassing Dosen Perguruan Tinggi Agama Katolik

Rabu, 21 Februari 2018, 07:01

UASBN di SMAK St. Ignatius Timika Berjalan Lancar

Selasa, 6 Februari 2018, 13:14

Dirjen Bimas Katolik: Anggaran 20% APBN, Seperti Apa Kualitas SDM Kita?

Selasa, 5 Desember 2017, 15:37

Direktur Pendidikan Katolik Mengajak Pengawas PAK Berdialog Tentang Pancasila

Minggu, 3 Desember 2017, 07:43

Mgr. Ignatius Suharyo: Kita Harus Merawat Ingatan Bersama untuk Diwariskan Turun Termurun