Jumat, 17 November 2017, 12:04

Menuju Pertanggungjawaban Keuangan yang Transparan dan Akuntabel

Jakarta, DBKat--Verifikasi menjadi salah satu bentuk pengawasan melalui pengujian terhadap dokumen keuangan secara administratif sesuai pedoman dan aturan yang berlaku. Fungsi pengawasan yang melekat pada verifikasi tersebut berguna untuk menghindari kebocoran uang negara, kesalahan administrasi yang mungkin terjadi, dan sekaligus juga menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan anggaran bersangkutan.

Verifikator dalam melakukan verifikasi dokumen pertanggungjawaban keuangan dituntut untuk:

  1. Memastikan kelengkapan, kebenaran, dan validitas dokumen keuangan untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang dapat merugikan Negara.
  2. Memastikan proses perencanaan kerja sama telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  3. Memastikan bahwa pelaporan kegiatan telah sesuai dengan tahapan pekerjaan yang seharusnya.

DITJENBIMAS Katolik, sampai tahun 2017, belum pernah menerbitkan petunjuk teknis tentang Standar Dokumen Verifikasi dan Pertanggungjawaban Keuangan di lingkungan kerja Ditjen Bimas Katolik. Oleh karena itu dianggap perlu disusun suatu petunjuk teknis Standarisasi Dokumen Verifikasi dan Pertanggungjawaban Keuangan Ditjen Bimas Katolik. Dan hal inilah yang diakomodir oleh Subbag Verikasi Bagian Keuangan Setditjen Bimas Katolik dengan diselenggarakannya kegiatan Penyusunan Petunjuk Teknis Standarisasi Dokumen Verifikasi dan Pertanggungjawaban Keuangan Ditjen Bimas Katolik pada 15 17 November 2017 di Hotel Mercure, Jakarta.

Bidicoff Nainggolan, Kasubbag Verifikasi, dalam laporan pembukaan menyampaikan bahwa dari pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan draf Petunjuk Teknis Standarisasi Dokumen Verifikasi dan Pertanggungjawaban Keuangan Ditjen Bimas Katolik sesuai aturan yang berlaku. Narasumber untuk kegiatan ini adalah dari KPPN Jakarta IV.

Semoga draf Petunjuk Teknis Standarisasi Dokumen Verifikasi dan Pertanggungjawaban Keuangan Ditjen Bimas Katolik dapat tersusun sehingga tercapai pertanggungjawaban keuangan yang transparan dan akuntabel. Semoga! (Sakeng)

Berita Lainnya
Senin, 3 September 2018, 11:33

BIMTEK Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Regio Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara

Jumat, 20 Juli 2018, 12:55

Membangun Peranan Keprotokolan dalam Layanan Kedinasan

Minggu, 8 Juli 2018, 17:22

Dirjen: Rencana Kerja dan Anggaran Harus Fokus Pada Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat Katolik

Kamis, 29 Maret 2018, 10:17

Memasuki Masa Pensiun, Pegawai Harus Siap dan Tetap Produktif dengan Sukacita

Selasa, 13 Februari 2018, 19:47

Perlu Kajian Kegiatan yang Efektif, Efisien dan Akuntabel dalam Penyusunan Pagu