Selasa, 21 November 2017, 16:10

Jadikan Gereja Katolik Sebagai Tempat Membangun Kemanusiaan Sejati

Ketua FKUB Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Syafii Mufid

Jakarta,DBKat--Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi DKI Jakarta Ahmad Syafii Mufid, mengucapkan selamat dan sukses kepada Panitia Pembangunan Gereja Katolik St. Andreas Kim Tae-gon, Pastor Kepala Paroki St. Yakobus Kelapa Gading dan segenap umat Katolik atas suskses dibangunnya Gereja Katolik yang diharapkan akan menjadi tempat untuk membangun kemanusiaan sejati. Ucapan ini disampaikan Ketua FKUB Provinsi DKI Jakarta pada acara syukuran penggunaan Gereja Katolik St. Andreas Kim Tae-gon Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (21/11).

Kemanusiaan sejati, menurut Ahmad Syafii Mufid adalah aktivitas manusia yang mengagungkan Tuhan dan memuliakan sesamanya.

"Dunia saat ini mengalami degradasi moral dalam kaitan dengan hubungan antarsesama manusia dan antara manusia dengan Tuhan yang berakibat pada kondisi kehidupan sosial yang kurang aman, kurang nyaman, kurang tenteram dan kurang terhormat," tegasnya. Karena itu, ia mengingatkan betapa pentingnya mengagungkan Tuhan dan memuliakan sesama.

Beberapa waktu lalu ada berita media terkait survey dimana Jakarta ditempatkan sebagai kota intoleran. Hal ini menjadi keprihatinan kita bersama. Jika survey itu benar, maka harus menjadi refleksi bersama, perlu introspeksi untuk lebih mawas diri.

"Namun di lain pihak, kalau itu benar, tidak mungkin terjadi pertemuan seperti hari ini. Karena intoleransi adalah jarak; sikap yang membuat jarak antara komunitas. Tapi hari ini, di sini, di tempat ini, toleransi terbangun dengan sangat baik," ungkapnya disambut tepuk tangan hadirin.

Di akhir sambutannya, Ahmad Syafii Mufid berharap kehadiran Gereja Katolik St. Andreas Kim Tae-gon akan membawa kedamaian: ada rumah belajar untuk anak-anak, ada kepekaan sosial. Itu adalah wujud memuliakan sesama manusia disamping setiap hari kita juga harus mengagungkan Tuhan.

(Joice)

Berita Lainnya
Minggu, 6 Agustus 2017, 19:31

Acara Penutupan AYD ke-7 Tahun 2017: Aku Pancasila, Aku Indonesia, Aku Asia, Aku Bersaudara

Minggu, 6 Agustus 2017, 19:21

Misa Penutupan Kegiatan Asian Youth Day ke-7 Tahun 2017

Kamis, 3 Agustus 2017, 11:30

Menteri Agama Membuka Kegiatan AYD 2017 di Yogakarta: Perjumpaan untuk Membangun Komitmen Solidaritas dan Perdamaian dalam Kemajemukan Asia

Rabu, 2 Agustus 2017, 14:16

Persiapan Menjelang Acara Pembukaan AYD 2017

Selasa, 1 Agustus 2017, 21:00

Para Peserta AYD Telah Tiba di Indonesia