Selasa, 12 Desember 2017, 13:26

Mewujudkan Reformasi di Bidang Hukum

Bogor,DBKat--Dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi di bidang hukum, DITJENBIMAS Katolik menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Pembuatan Peraturan Perundang-undangan Dalam Rangka Reformasi Birokrasi pada tanggal 11 14 Desember 2017 di Bogor.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dengan turunannya pada Peraturan Menteri Agama Nomor 40 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pembentukan Peraturan Menteri pada Kementerian Agama dan Keputusan Menteri Agama Nomor 777 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Keputusan dan Instrumen Hukum Lainnya pada Kementerian Agama. Dalam laporan pembukaan, Ketua Panitia, Hari, menyampaikan bahwa peraturan-peraturan tersebut perlu diketahui bersama.

Diikuti oleh 35 peserta pusat dan daerah, kegiatan ini dibuka langsung oleh Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi. Dalam arahannya, Dirjen menjelaskan bahwa sejak awal kita sudah mengetahui bahwa Kementerian/Lembaga adalah suatu organisasi yang sangat ketat, atau lebih dikenal dengan birokrasi. "Birokrasi itu berubah dari waktu ke waktu tetapi tetap dalam bentuk birokrasi yang demokratis dan transparan. Sistem terus berubah sejalan dengan Reformasi Birokrasi," ungkap Dirjen.

"Berubahnya Reformasi Birokrasi dalam organisasi berkaitan erat dengan pegawai, dari pimpinan hingga staf. Karena itu kegiatan pembinaan seperti ini sangat penting karena sesuai dengan kehendak Pemerintah dalam Reformasi Birokrasi," lanjut Dirjen.

Dirjen juga mengingatkan agar kebijakan yang dibuat tidak boleh menyimpang dari aturan. Perlu dipahami tentang jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan. "Sering kita kurang paham aturan. Oleh karena itu, pahami dan pegang selalu aturan!" tegas Dirjen.

(Sakeng)

Berita Lainnya
Senin, 3 September 2018, 11:33

BIMTEK Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Regio Sulawesi, Maluku, dan Maluku Utara

Jumat, 20 Juli 2018, 12:55

Membangun Peranan Keprotokolan dalam Layanan Kedinasan

Minggu, 8 Juli 2018, 17:22

Dirjen: Rencana Kerja dan Anggaran Harus Fokus Pada Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat Katolik

Kamis, 29 Maret 2018, 10:17

Memasuki Masa Pensiun, Pegawai Harus Siap dan Tetap Produktif dengan Sukacita

Selasa, 13 Februari 2018, 19:47

Perlu Kajian Kegiatan yang Efektif, Efisien dan Akuntabel dalam Penyusunan Pagu