Kamis, 22 Maret 2018, 08:08

Penilaian Angka Kredit dan Inpassing Dosen Perguruan Tinggi Agama Katolik

Bogor, DBKat--Berlangsung di Permata Hotel, Bogor, Jawa Barat, Pertemuan Penilaian Angka Kredit dan Inpassing Dosen Perguruan Tinggi Agama Katolik terlaksana pada hari Selasa, 20 Maret 2018 sampai dengan hari Jumat, 24 Maret 2018.

Yuventius Sepur, S.Fil., Ketua Panitia Penyelenggara, pada Acara Pembukaan menyampaikan bahwa tujuan pertemuan Penilaian Angka Kredit dan Inpassing Dosen Perguruan Tinggi Agama Katolik (PTAK), berdasar Keputusan Dirjen Bimas Katolik Nomor 527 Tahun 2018 tanggal 5 Maret 2018, adalah, pertama, melakukan penilaian angka kredit sesuai dengan ketentuan melalui berkas-berkas yang diusulkan oleh PTAK, kedua, menetapkan dosen yang lulus penilaian angka kredit dalam jabatan akademik tertentu, dan ketiga, menyetarakan golongan dosen PTAK yang lulus penilaian angka kredit agar setara dengan dosen PNS melalui inpassing.

Dari 21 PTAK yang berada di lingkungan Kementerian Agama c.q. Direktorat Jenderal Bimas Katolik yang mengusulkan Jabatan Akademik pada tahun ini ada 14 PTAK. Dokumen masuk berjumlah 46 berkas.Satu berkas tidak memenuhi syarat administratif, yaitu komponen B kosong (tidak terdapat hasil Penelitian dan Karya Ilmiah).

Dari 45 berkas yang siap diverifikasi dan divalidasi oleh 2 Asesor, yakni RD. Dr. Johanis Y. Montolalu dan RD. Dr. Paul Satyo Istandar, M.A, terdapat 30 orang yang diangkat pertama dalam Jabatan Akademik Dosen dan 16 orang yang mengusulkan kenaikan jabatan dari Asisten Ahli ke Lektor.

Direktur Jenderal Bimas Katolik, diwakili Kepala Subdit Pendidikan Tinggi, Dr. Aloma Sarumaha, MA., M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, berdasarkan KMA Nomor 325 Tahun 2002 tentang Pedoman Pendirian dan Pembinaan PTAKS dan KMA Nomor 34 Tahun 2004 tentang Pemberian Kuasa Penetapan Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen pada PTA di Lingkungan Departemen Agama, Direktorat Jenderal Bimas Katolik bertanggungjawab atas pembinaan dan peningkatan mutu dosen PTAK dan mengucapkan terima kasih kepada para Asesor, RD. John dan RD. Paul, yang telah rela meluangkan waktu dan meninggalkan tugas utama untuk bersama Direktorat Jenderal Bimas Katolik melaksanakan Penilaian Angka Kredit dan Inpassing Dosen PTAK. Penilaian Angka Kredit dan Inpassing Dosen PTAK sekaligus merupakan salah satu strategi memperkuat lembaga dengan kehadiran dosen profesional.

Saat ini terdapat 256 dosen ber-NIDN. Dari jumlah tersebut, 117 dosen telah memiliki jabatan akademik dengan rincian 97 Asisten Ahli, 16 Lektor, dan 4 orang Lektor Kepala. Saat ini juga masih terdapat 120 Dosen yang belum memilik jabatan akademik yang sebagian (45 orang) mengusulkan berkas yang dinilai pada Penilaian Angka Kredit dan Inpassing Dosen kali ini.

(Yosaphat Sadsunu Bodro)

Berita Lainnya
Selasa, 28 Agustus 2018, 07:38

Dirjen: Menjadi Guru, Tidak Boleh Berhenti Belajar!

Jumat, 20 Juli 2018, 12:27

Penilaian Angka Kredit dan Inpassing Dosen Perguruan Tinggi Agama Katolik

Rabu, 21 Februari 2018, 07:01

UASBN di SMAK St. Ignatius Timika Berjalan Lancar

Selasa, 6 Februari 2018, 13:14

Dirjen Bimas Katolik: Anggaran 20% APBN, Seperti Apa Kualitas SDM Kita?

Selasa, 5 Desember 2017, 15:37

Direktur Pendidikan Katolik Mengajak Pengawas PAK Berdialog Tentang Pancasila