Senin, 30 Juli 2018, 08:36

Dilantik Menteri Agama RI, Dr. Aloma Sarumaha, M.A., M.Si Resmi Menjabat Direktur Urusan Agama Katolik

Jakarta,DBKat--Jumat (27/7), Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin melantik Pejabat Eselon II Kementerian Agama di Kantor Kementerian Agama, Lapangan Banteng, Jakarta. Salah satu yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah Dr. Aloma Sarumaha, M.A., M.Si yang resmi menjabat sebagai Direktur Urusan Agama Katolik pada Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, selanjutnya disebut Ditjen Bimas Katolik, adalah salah satu unit Eselon I di Kementerian Agama RI yang dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 42 Tahun 2016 mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang bimbingan masyarakat Katolik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam melaksanakan tugas, Ditjen Bimas Katolik menyelenggarakan fungsi, yakni perumusan kebijakan di bidang urusan agama dan pendidikan agama dan keagamaan Katolik; pelaksanaan kebijakan di bidang urusan agama dan pendidikan agama dan keagamaan Katolik; pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan urusan agama dan pendidikan agama dan keagamaan Katolik; pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang urusan agama dan pendidikan agama dan keagamaan Katolik; pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang urusan agama dan pendidikan agama dan keagamaan Katolik; pelaksanaan administrasi direktorat jenderal; dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri.

Salah satu unit yang menjadi bagian dari susunan organisasi Ditjen Bimas Katolik adalah Direktorat Urusan Agama Katolik yang mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, standardisasi, bimbingan teknis, dan evaluasi, serta pengawasan di bidang Urusan Agama Katolik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Direktorat Urusan Agama KAtolik dipimpin oleh seorang Direktur, yaitu Direktur Urusan Agama Katolik.

Setelah Sihar Petrus Simbolon, S.Th., MM alih fungsi menjadi Dosen di STAKatN Pontianak, jabatan Direktur Urusan Agama Katolik kosong, dan Direktur Jenderal mengangkat Drs. Agustinus Tungga Gempa yang juga Sekretaris Ditjen Bimas Katolik sebagai plt. Direktur Urusan Agama Katolik. Pada 30 April 2018, Kementerian Agama mengumumkan Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Pratama Pada Kementerian Agama Tahun 2018, salah satunya untuk memenuhi lowongan jabatan Direktur Urusan Agama Katolik. Seleksi tahap awal dimulai dengan pembuatan makalah, tes psikologi, presentasi dan diakhiri dengan wawancara. Adapun Pejabat Eselon II di Lingkungan Kementerian Agama yang dilantik pada hari ini adalah para peserta seleksi yang dinyatakan layak menjabat jabatan Eselon II.

Dr. Aloma Sarumaha, M.A., M.Si bukanlah orang baru di lingkungan Ditjen Bimas Katolik. Sebelum dilantik sebagai Direktur Urusan Agama Katolik, ia menjabat Kepala Subdirektorat Pendidikan Tinggi Direktorat Pendidikan Katolik. Putra kelahiran Nias 52 tahun silam ini menamatkan pendidikan S1 di IPI Malang, kemudian melanjutkan studi S2 di Universitas Tarumanagara (mengambil Program Studi Ilmu Psikologi) dan di Universitas Indonesia (mengambil Program Studi Antropologi). Beliau menyelesaikan S3 Program Studi Antropologi Universitas Indonesia pada pertengahan tahun 2015.

Dalam arahannya, Menteri Agama mengatakan bahwa setiap pimpinan di level mana pun harus berpikir dan berupaya untuk memajukan organisasi. Jaga marwah institusi dan memberi inspirasi bagi lingkungan birokrasi. Selain itu perlu diingat hanya pejabat yang memiliki kejujuran dan keteguhan memegang prinsip, sikap kerja positif dan berperilaku bersih yang bisa menjadi agen bagi perubahan untuk Kementerian Agama. Menteri Agama juga menekankan agar para pejabat yang baru saja dilantik menaruh perhatian padapenguatan sumberdaya manusia, penguatan kelembagaan, kebijakan, kemitraan lintas sektoral serta penguatan program kerja dalam rangka penjabaran tugas pokok dan fungsi organisasi Kementerian Agama.

Dengan dilantiknya Dr. Aloma Sarumaha, M.A., M.Si, maka Ditjen Bimas Katolik memiliki Direktur Urusan Agama Katolik yang baru. Pejabat Eselon II lain yang dilantik hari ini adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama di beberapa Provinsi, yaitu Kepulauan Riau, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Sulawesi Selatan. Selain itu, Kepala Biro AAKK UIN Alauddin Makassar dan UIN Mataram, Kepala Biro AUAK IAIN Bangka Belitung, IAIN Bone, IAIN Curup Bengkulu, IAIN Gorontalo, IAIN Kediri, IAIN Kendari, IAIN Kudus, IAIN Madura, IAIN Padang Sidimpuan, IAIN Parepare, IAIN Tulungagung, dan IAKN Manado.

Proficiat kepada Dr. Aloma Sarumaha, M.A., M.Si dan Pejabat Eselon II yang baru dilantik. (Joice)

Berita Lainnya
Jumat, 14 September 2018, 11:00

Membuka Pertemuan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Katolik, Menag Tekankan Sisi Esoteris Agama

Kamis, 23 Agustus 2018, 09:37

Direktorat Urusan Agama Katolik Siap Bekerja High Speed

Rabu, 25 Juli 2018, 12:17

Umat Katolik Berbicara Soal Kerukunan, Kedamaian dan Tahun Politik

Minggu, 11 Maret 2018, 09:36

Sihar Petrus Simbolon: Rakornas Ini Bersejarah dan Monumental

Minggu, 11 Maret 2018, 09:13

Menyambut PESPARANI Katolik 2018, Meliala Ingatkan Hati-Hati Menggunakan APBN