BERITA

Monday, 09 December 2019 07:32 AM

Asesmen Lapangan STK St. Yakobus Merauke

Asesmen Lapangan STK St. Yakobus Merauke

Merauke (DBKat)--Sesuai amanat Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012 yang diturunkan ke dalam PP Nomor 4 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 32 Tahun 2016, pelaksanaan akreditasi program studi dan perguruan tinggi mutlak dilaksanakan.

Akreditasi bertujuan untuk menentukan kelayakan Prodi dan Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik. Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dilakukan dengan menggunakan instrumen akreditasi dan dengan menggunakan data dan informasi pada Pangkalan Data Dikti (PDDikti).

Pemimpin Perguruan Tinggi wajib mengajukan permohonan akreditasi ulang paling lambat 6 bulan sebelum masa berlaku status akreditasi berakhir. Tahapan akreditasi terdiri atas : 1) Evaluasi data dan informasi, di mana dalam tahap ini langkah yang dilakukan adalah pemimpin peguruan tinggi mengajukan permohonan kepada BAN-PT untuk melakukan akreditasi. Selanjutnya BAN-PT melakukan asesmen kecukupan atas data dan informasi Program Studi dan/atau Perguruan Tinggi dengan menggunakan data dan informasi PDDikti. Evaluasi kecukupan atas data dan informasi dilakukan oleh asesor dan apabila diperlukan, dilakukan asesmen lapangan; 2) Penetapan status akreditasi dan peringkat terakdreditasi, di mana BAN-PT akan mengolah dan menganalisis data dan informasi dari PT pemohon, untuk menetapkan status akreditasi; 3) Pemantauan dan evaluasi status akreditasi dan peringkat terakdreditasi.

Salah satu Perguruan Tinggi Agama Katolik di bawah binaan Ditjen Bimas Katolik yang saat ini melaksanakan akreditasi program studi Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik (PPAK) adalah Sekolah Tinggi Katolik (STK) St. Yakobus, Merauke. Masa berlaku status akreditasi program studi PPAK Program S1 telah berakhir pada bulan Agustus 2019.

Dalam sambutan pembukaan pelaksanaan akreditasi, Ketua STK St. Yakobus Merauke, Rm. Donatus Wea, menyampaikan bahwa akreditasi menentukan standar mutu dan penilaian lembaga pendidikan agar melaksanakan pendidikan sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Selain itu,  akreditasi merupakan penilaian atas komitmen terhadap mutu dan kapasitas kelayakan Perguruan Tinggi," tambah Romo Donatus.

Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang bertugas melaksanakan asesmen lapangan di STK St. Yakobus Merauke adalah Dr. Daniel Sutoyo, M.Th dan Dr. Marselus Ruben Payong, M.Pd. Dijelaskan oleh Bapak Daniel bahwa asesor telah melakukan asesmen kecukupan dan asesmen lapangan yang dilakukan saat ini adalah untuk melihat apakah sesuai dengan apa yang sudah tertulis. Ditegaskan pula bahwa kedatangan tim asesor bukan untuk menghakimi. "Asesor datang tidak untuk menghakimi atau mencari-cari kesalahan tetapi untuk membina dimana kekurangannya," ujar Bapak Daniel.

Semoga pelaksanaan akreditasi dapat berjalan dengan lancar. Selamat berproses! (Sakeng)

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 179
Total Hits : 136.60K