BERITA

Friday, 27 December 2019 04:24 PM

Kunjungan Sekretaris Ditjen Bimas Katolik ke SMAK Santo Stefanus Ketang

Kunjungan Sekretaris Ditjen Bimas Katolik ke SMAK Santo Stefanus Ketang

Ketang (DBKat)--Pada hari ini, Jumat (27/12), Sekretaris Ditjen Bimas Katolik, Aloma Sarumaha berkesempatan mengunjungi Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) Santo Stefanus Ketang di Manggarai-Flores. Dalam kunjungannya, Sekretaris didampingi Kasubdit Pendidikan Dasar, Yustina Srini; Kasubbag Verifikasi, Bidicoff Nainggolan; Kasubbag TU, Nikolaus Nohos dan Sespim Patricia Olivia. Kunjungan ke SMAK Santo Stefanus Ketang ini adalah kunjungan silaturahim di sela-sela kegiatan monitoring pembangunan gedung STIPAS St. Sirilus Ruteng.

Dalam kunjungannya, Sekretaris dan rombongan diterima dengan upacara Kepok oleh Nikolaus Tarung yang dihadiri juga oleh Kepala SMAK, Romo Tarsi Syukur dan Penyelenggara SMAK Santo Stefanus Ketang.

Kepok dalam adat setempat adalah upacara khas terima tamu. Dalam upacara ini, penerima tamu biasanya memegang Tawu yang berisi tuak/moke dan juga seekor ayam jantan. Dalam kepok-nya, Nikolaus Tarung menyampaikan terima kasih kepada Sekretaris dan rombongan yang telah berkenan hadir di SMAK Santo Stefanus Ketang.

SMAK Santo Stefanus Ketang adalah SMAK yang berada di bawah binaan Kementerian Agama, dengan SK Izin Operasional Dirjen Bimas Katolik Nomor 1903 Tahun 2017, tanggal 2 Agustus 2017. Pada tahun 2019 ini, SMAK di bawah naungan Yayasan Sukma Pusat Keuskupan Ruteng ini telah melaksanakan akreditasi oleh BAN-SM dan hasilnya sangat memuaskan, yakni mendapat nilai A dengan SK Akreditasi Nomor 760/BAN-SM/SK/2019.  Dari 40 SMAK yang tersebar di sebagian wilayah Indonesia, baru ada tiga SMAK yang mencapai akreditasi A, yakni SMAK Seminari Yohanes Paulus Labuan Bajo, SMAK Johannes Aerts Katlarat, dan SMAK Santo Stefanus Ketang. Pencapaian yang baik ini diapresiasi oleh Sekretaris. Akreditasi yang baik ini mempermudah sekolah dalam berbagai hal.

Pada kesempatan ini, Sekretaris juga bicara tentang kewirausahaan. Banyak hal yang bisa dilakukan sekolah untuk mewujudkan hal ini, karena itu Sekretaris meminta kerja sama yang baik antara guru dan murid. Hal ini demi terwujudnya cita-cita sekolah masa depan; sekolah yang didesain untuk bisa menghadapi tantangan zaman yang tidak mudah. Karena itu, siswa/siswi SMAK harus terus belajar dengan giat. Untuk berhasil, Sekretaris mengingatkan siswa/siswi SMAK untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang tidak pantas, seperti perjudian, mabuk, atau hal-hal lain yang menyebabkan berurusan dengan pihak berwajib.

Hal lain yang disampaikan Sekretaris, terkait kesempatan bagi lulusan SMAK untuk masuk menjadi anggota TNI/Polri. Rapat Koordinasi terkait hal ini telah diselenggarakan Kepolisian Republik Indonesia melalui Biro SDM POLRI tentang rekrutmen anggota POLRI Tahun Anggaran 2020 dari sumber sekolah-sekolah berbasis agama pada Kamis (12/12) bertempat di Hotel Diradja, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Sekretaris juga hadir pada pertemuan tersebut dan telah menyatakan kesiapan siswa/siswi SMAK untuk direkrut dan berkompetisi dengan siswa/siswi dari sekolah lain. Bulan Januari 2020 akan dilaksanakan rekrutmen, siswa/siswi SMAK boleh ikut jika ada kemauan di bidang itu.

Sementara itu, di hadapan Sekretaris dan rombongan, pihak SMAK menaruh harapan besar kepada Ditjen Bimas Katolik untuk terus memperhatikan SMAK. Yang sangat dibutuhkan saat ini adalah gedung asrama. Pihak SMAK menyampaikan bahwa animo masyarakat untuk sekolah di SMAK sangat tinggi, sedangkan sarana dan prasarana belum sepenuhnya memadai. Terkait hal ini, Sekretaris menyampaikan bahwa Pemerintah akan memfasilitasi sejauh memungkinkan. Pemerintah juga akan berupaya meningkatkan kualitas SMAK dalam bentuk pembinaan-pembinaan. Salah satunya, yang akan dilaksanakan tahun 2021 berupa penyelenggaraan even nasional bagi SMAK se-Indonesia. Karena itu, Sekretaris berharap SMAK Santo Stefanus Ketang mempersiapkan diri dengan baik untuk bertarung dengan SMAK lainnya.

Pertemuan ini dilaksanakan di salah satu ruang kelas gedung yang baru dibangun, dihadiri juga siswa/siswi SMAK Santo Stefanus Ketang.

SMAK KEtang

(Niko Nohos)

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 173
Total Hits : 115.92K