BERITA

Tuesday, 03 March 2020 09:02 AM

Ujian Akhir Sekolah Menengah Agama Katolik Berstandar Nasional

siswa SMAK St. Ignatius Timika sedang melaksanakan ujian

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah diimplementasikan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah ini memberikan arahan terkait 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan, yakni standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

Sebagai salah satu dari kedelapan Standar Nasional Pendidikan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, standar penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah, tidak hanya dilakukan oleh pendidik dan satuan pendidikan, melainkan juga oleh Pemerintah dalam bentuk ujian nasional.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan formal yang berciri khas agama Katolik dan berada di bawah pembinaan Kementerian Agama, dalam hal ini Ditjen Bimas Katolik, Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) juga melaksanakan ujian nasional dalam rangka pengendalian mutu kelembagaan pendidikan menengah yang menyangkut proses dan lulusan SMAK.

Fungsi Ujian Akhir Sekolah Menengah Agama Katolik Berstandar Nasional (UA-SMAK-BN) adalah sebagai penentu kelulusan. Nilai UA-SMAK-BN yang digabung dengan nilai Ujian Sekolah dengan komposisi 50% untuk masing-masingnya yang hasil akhir menjadi salah satu komponen dari Nilai Akhir pada Ijazah. UA-SMAK-BN diikuti oleh peserta didik dari semua program/peminatan yang ada pada SMAK, yaitu Keagamaan, IPA, IPS, dan Bahasa.

UA-SMAK-BN ini mencakup 3 Mata Pelajaran Keagamaan, yaitu Kitab Suci, Doktrin Gereja Katolik dan Moral Kristiani, serta Liturgi. Pelaksanaan UA-SMAK-BN dilaksanakan pada tanggal 3 s.d. 4 Maret 2020 dengan rincian:

  1. Selasa, 3 Maret 2020 untuk mata pelajaran Kitab Suci dan Liturgi.
  2. Rabu, 4 Maret 2020 untuk mata pelajaran Doktrin Gereja Katolik dan Moral Kristiani.

Sedangkan untuk ujian susulan dijadwalkan pada tanggal 10 s.d. 11 Maret 2020.

Pelaksanaan UA-SMAK-BN dilakukan secara serentak di 30 SMAK di seluruh Indonesia. (Sakeng)

 

 

 

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 179
Total Hits : 136.59K