BERITA

Friday, 13 March 2020 02:29 PM

Plt. Dirjen: Pengelolaan Program Bimkat Tahun Anggaran 2020; “Layanan dari Pinggir Ke Tengah”

Foto; Plt Dirjen Sedang Menyampaikan Materi

Bali - (DBkat)- Hari kedua Rapat Koordinasi Pejabat Bimas Katolik Pusat Daerah (13/3) diisi dengan paparan materi oleh Plt. Dirjen Bimas Katolik Aloma Sarumaha. Koordinasi Pelaksanaan Tugas dan Dukungan Administrasi menjadi dua hal  penekanan Plt. Dirjen mengawali paparannya. Menurut Plt, koordinasi berarti aktivitas memastikan unit oganisasi pada Ditjen Bimas Katolik dalam melaksanakan tugasnya untuk satu tahun anggaran (berjalan). Sedangkan pada tataran dukungan administrasi, Plt. menegaskan empat hal penting yakni:  penyiapan SDM, regulasi, sarana prasarana, dan budget.

Terkait SDM, Plt menjelaskan, “Saat ini kekuatan SDM Ditjen Bimas Katolik memasuki periode atau keadaan yang memerlukan perhatian serius. Hal ini disebabkan karena: pertama,  faktor jumlah dan distribusi yang kurang memadai. Kedua, masa kerja dan faktor kapasitas (expertise)”.

Perihal regulasi, Plt berharap agar para Kabid/Pembimas/Kepala Seksi/ Penyelenggara Bimas Katolik sungguh – sungguh melaksanakan Keputusan Dirjen Bimas Katolik tentang pengelolaan program tahun anggaran 2020 dan Keputusan Dirjen Bimas Katolik tentang penetapan Juklak/Juknis dan pelaksanaan berbagai kegiatan.

Sedangkan soal sarana dan prasarana, Plt menegaskan,  “Tahun aggaran 2020 Ditjen Bimas Katolik menyelenggarakan penyediaan server dan peralatan mesin lain untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas di tengah dinamika penggunaan teknologi modern”.

Terakhir perihal budget Plt menegaskan, “Tahun anggaran 2020, alokasi pelaksanaan Program Bimbingan Masyarakat Katolik sebesar Rp884.926.735.000,- Alokasi anggaran, 11,52% (Pusat): 88,48% (Daerah). Anggaran ini berbasis data sebagai jantung dinamika aktivitas pelayanan.

Kita komit untuk memberi “layanan dari pinggir ke tengah” dan “mendekatkan layanan kepada masyarakat Katolik yang didukung oleh seperangkat Kegiatan Urusan Agama Katolik dan Pendidikan Katolik yang didukung oleh kehandalan Manajemen Bimas Katolik. “Untuk hal tersebut saya berharap seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan koordinasi yang intens guna tercapainya tujuan yang dicita-citakan. Mari kita mendukung Visi Presiden: Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong royong.”  

Mengakhiri paparannya Plt menegaskan, “Target serapan anggaran Tahun 2020 sebesar 97%.” ( Alfa)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 179
Total Hits : 136.63K