BERITA

Tuesday, 17 March 2020 12:31 PM

Pelaksanaan Pembelajaran Akhir Sebagai Momen Mengafirmasi Diri

Peserta PPA STK St. Yakobus Merauke

Sebanyak 11 mahasiswa STK St. Yakobus Merauke melaksanakan Penilaian Pembelajaran Akhir (PPA). PPA dilaksanakan mulai tanggal 16 s.d. 18 Maret 2020. PPA adalah proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi melalui pengukuran hasil belajar untuk menentukan kelulusan mahasiswa yang dilaksanakan pada akhir masa studi. Dan untuk program S1 dilaksanakan dalam bentuk Ujian Skripsi. SK PPA yang sebelumnya ditetapkan oleh Dirjen Bimas Katolik, mulai saat ini ditetapkan oleh Ketua STK St. Yakobus Merauke karena telah mendapatkan akreditasi Prodi B pada Desember 2019.

Dalam sambutannya, Ketua STK St. Yakobus Merauke Dr. Donatus Wea, S. Ag., Lic.lur memberikan dukungan penuh kepada seluruh peserta ujian “Peserta yang akan melaksanakan ujian adalah petarung hebat yang membuktikan kehebatan sebagai calon ahli di bidang keagamaan,” ungkap Ketua STK St. Yakobus Merauke.

Lebih lanjut Ketua STK St. Yakobus Merauke menegaskan bahwa PPA adalah kewajiban bagi lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Agama. ”Dengan menyelesaikan PPA, sudah layak menjadi sarjana dengan level 6 yaitu calon tenaga ahli. Supaya menjadi ahli, harus dengan melewati syarat akreditasi Institusi dengan nilai B. Di samping itu, kepiawaian sertifikasi yang dimiliki perlu diukur dengan melaksanakan ujian,” lanjut Ketua STK St. Yakobus Merauke.

Ditjen Bimas Katolik sebelumnya telah melakukan uji validasi kelayakan peserta PPA. Validasi data tersebut menggunakan PDDikti sebagai instrumen pelaksanaan penjaminan mutu penyelenggaraan Pendidikan Tinggi yang terintegrasi secara nasional. Data dan seluruh aktivitas peserta PPA telah terdaftar secara benar pada PDDikti dan dinyatakan layak mengikuti PPA serta dituangkan dalam Keputusan Ketua Sekolah STK Santo Yakobus Merauke Nomor 41/STK/SK-KETUA/III/2020 dengan jumlah peserta 11 orang.

Petugas monitoring PPA dari Ditjen Bimas Katolik Adriana Damayanthi juga turut memberikan peneguhan kepada para peserta PPA. Disampaikan Adriana bahwa PPA yang dilaksanakan menjadi momen bagi peserta untuk mengafirmasi kembali diri sendiri “Anda sekalian sudah mengikuti seluruh proses pembelajaran di lembaga pendidikan ini. Anda juga sudah menguasai bidang ilmu yang anda ikuti selama ini. Bahwa Anda sudah layak menyandang gelar Sarjana Pendidikan yang handal di tengah masyarakat. Dan melalui pelaksanaan PPA ini, akan nampak kualitas diri anda, siapa anda sebenarnya,” ujar  Adriana.

PPA ini bukanlah akhir dari seluruh proses pendidikan dan pembelajaran. Ujian yang sesungguhnya adalah ketika berada di lapangan atau medan tugas masing-masing. Disitulah para peserta PPA akan ditantang memecahkan persolaan atau membuat inovasi dengan bekal pembinaan dan pendidikan yang  diterima selama di STK Santo Yakobus Merauke.

Selamat berproses, semoga dapat memberikan yang terbaik! (Anna/Sakeng)

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 179
Total Hits : 136.59K