BERITA

Tuesday, 26 February 2019 07:11 PM

Dirjen: Minat Terhadap Pendidikan Keagamaan Terus Naik

Arahan Dirjen Bimas Katolik pada Rakor Pelaksanaan Pagelaran Paduan Suara PTAK

(Jakarta, DBKat) Membuka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pagelaran Paduan Suara Mahasiswa antar-PTAK di Jakarta (26/2), Dirjen Bimas Katolik Eusabius Binsasi menekankan bahwa minat masyarakat terhadap pendidikan keagamaan semakin naik.  Ini dibuktikan banyaknya permintaan untuk membuka sekolah keagamaan, baik tingkat dasar, menengah, maupun tinggi.

“Pandangan tokoh Katolik tentang pentingnya sekolah keagamaan Katolik semakin positif. Banyak orang mengajukan permohonan peningkatan status sekolah, bahkan ada usulan dibuka Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kita masih berjuang, karena belum punya regulasi yang kuat,” ungkap Dirjen.

Sebagaimana diketahui PP 55/2007 mengakomodir sekolah keagamaan Katolik mulai dari pendidikan menengah, belum menyentuh sekolah dasar. Karena itu, ketika akan dibangun, persoalan regulasi menjadi kendala. Ditjen Bimas Katolik sudah sudah mengusulkan PP 55/2007 direvisi.

“Sudah dibuatkan naskah akademik, sudah undang KWI rapat bersama, sudah diproses untuk direvisi. Tetapi sementara berproses, muncul RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan yang isinya tidak terlalu jauh dari PP itu. Kita menunggu pembahasan RUU selesai.”

Persoalan utama saat ini, lanjut Dirjen, adalah kita diorong untuk maju, di sisi lain ditantang berpacu dalam kualitas baik itu kualitas lembaga, SDM Pengelola, dan output. Tiga hal ini berkaitan satu sama lain walau secara substansial berdiri sendiri-sendiri.

“Kita tidak bisa main-main, sekolah sudah dibuka, tetapi harus dijaga kualitasnya. Standar semakin tinggi, tapi kita belum bisa menyesuaikan diri. Tuntutan kehidupan juga membuat orang harus berkualitas,” tegas Dirjen.

Karena itu, saatnya kita cari solusi bagaimana keluar dari persoalan ini. Solusi dari berbagai aspek, yakni Sarpras dan  SDM yang berkualitas  melalui studi, diklat, bimtek, renungan.

Pertemuan ini dilaksanakan untuk membahas perkembangan PTAK melalui pagelaran paduan suara, karena menyanyi juga salah satu cara meningkatkan kualitas iman. Ada berbagai hal teknis dan hal yang sifatnya umum untuk didiskusikan bersama agar pagelaran paduan suara nanti dilaksanakan dengan baik.

Joice

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 43
Total Hits : 30.09K