BERITA

Friday, 03 May 2019 06:53 PM

Dirjen Bimas Katolik Terima Kunjungan DCM KBRI Moskow

Dirjen Bimas Katolik Terima Kunjungan Dubes RI untuk Rusia

Jakarta (DBKat)-- Hari ini, Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi menerima kunjungan persahabatan DCM KBRI Moskow, Lasro Simbolon. Hadir juga Dirjen Bimas Kristen, Thomas Pentury. Dirjen Bimas Katolik menyambut kehadiran Lasro didampingi Sekretaris Ditjen Bimas Katolik, Aloma Sarumaha dan Pejabat Eselon III, IV, dan JFT Ditjen Bimas Katolik.

Waktu yang singkat ini dipakai dengan sangat baik untuk membicarakan hal-hal baik tentang kemungkinan kerja sama. Diawali dengan penjelasan Lasro tentang kondisi Rusia saat ini dimana negara dengan jumlah penduduk Indonesia sebanyak kurang lebih 1000 orang, yang didominasi Mahasiswa ini sesungguhnya adalah negara plural dan kebebasan beragama sudah mulai bangkit, meskipun pelan-pelan. Ada setidaknya 5 Pastor SVD di Rusia, dan mereka menyampaikana bahwa tidak ada persoalan berarti yang mereka hadapi. Ada tiga agama tradisional yang dianut: Ortodox, Islam, dan Buddha dan kehidupan keagamaannya berjalan baik. Masyarakat Rusia tidak ingin atas nama kebebasan beragama timbul gangguan.   

Dari 1000 penduduk Indonesia di Rusia, ada sekitar 600 Mahasiswa. Rusia memiliki keunggulan pendidikan dalam bidang ilmu psikologi, IT, Kedokteran dan Rusia menjadi salah satu destinasi pendidikan di Eropa. "Disiplinnya kuat, konservatif, dan juga tidak materialistis. Rusia membuka diri untuk membangun kerja sama pendidikan dalam bentuk beasiswa," ungkap Lasro. Hal ini menjadi tantangan Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik, dan menurut Dubes perlu dijajaki lebih lanjut. Sumber Daya Alam Rusia juga sesungguhnya sangat kaya, hanya memang butuh waktu untuk terus mengelolanya dengan baik.

Lasro sempat bertanya tantangan yang dihadapi umat Katolik saat ini kepada Dirjen Bimas Katolik. Dirjen menjawab bahwa tantangan saat ini adalah kehidupan umat yang semakin sekular. “Sudah saatnya membatasi pembangunan gereja sebagai bangunan fisik, tetapi membangun gereja sebagai persekutuan iman,” ungkap Dirjen.

 

Joice

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 43
Total Hits : 30.11K