BERITA

Wednesday, 15 May 2019 03:52 PM

Penting, Arsip Harus Ditekuni dengan Baik.

Sekretaris Bersama Peserta Kegiatan

Bogor (DBkat)--Berbicara tentang arsip bukan sesuatu hal yang asing atau baru. Tetapi mengapa sesuatu yang tidak asing ini malah dibicarakan. Biasanya, yang dibicarakan atau didiskusikan adalah sesuatu yang asing atau baru sama sekali bagi kita. Ditjen Bimas Katolik, melalui Bagian Umum dan BMN sengaja melaksanakan kegiatan Pembinaan Tata Kelola Kearsipan pada tanggal 7 s.d. 10 Mei 2019. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan pegawai akan pentingnya arsip dan karena masih ada yang kurang baik dalam pengelolaan kearsipan.

Arsip mempunyai peran penting dalam kelangsungan hidup organisasi, baik organisasi pemerintah maupun swasta. Arsip merupakan rekaman informasi dari keseluruhan kegiatan yang sudah atau belum dilaksanakan oleh suatu organisasi ketika menjalankan Tupoksi yang dipercayakan. Melalui arsip, akan diketahui keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi dalam menjalankan Tupoksinya. Melalui arsip dapat dinilai mutu suatu organisasi.

Sebagai organisasi Pemerintah, Penyelenggaraan Program Ditjen Bimas Katolik tidak terlepas dari arsip. Melalui arsip, masyarakat mengetahui program Ditjen Bimas Katolik dalam pelayanan kepada masyarakat.  Arsip seharusnya ditata dan dikelola dengan baik, sehingga tidak dibiarkan tercecer atau hanya ditumpuk-tumpuk sehingga tidak bisa dibedakan mana sampah dan mana arsip.

Salah satu poin yang dituangkan dalam RENSTRA DITJEN BIMAS KATOLIK 2020-2024 yang disusun pada bulan maret lalu adalah peningkatan kualitas tata kelola dukungan manajemen. Salah satunya adalah pelayanan umum dan tata usaha yaitu bidang kearsipan.

Kegiatan yang berlangsung empat hari ini, diisi oleh pemateri dari Ditjen Bimas Katolik, yakni Dirjen Bimas Katolik, Sekretaris Ditjen Bimas Katolik, dan Arsiparis pada Ditjen Bimas Katolik. Pemateri lainnya dari Biro Umum Kemenag dan ANRI. Semua Narasumber yang hadir menjelaskan pentingnya arsip bagi kelangsungan hidup organisasi.

Hari terakhir, disepakati Rencana Aksi Tata Keloa Kearsipan Ditjen Bimas Katolik Tahun 2019, dengan poin-poin sebagai berikut:

Menyelesaikan Arsip Aktif dan Inaktif di Ruang Kerja Masing-Masing:

  • Pengontrol/Koordinator: TU/Unit Kearsipan.
  • SDM/Pelaksana: Eselon 3, 4, JFT/Pelaksana, TU eselon 2.
  • Sarana kerja: box, folder, borang daftar arsip, karung, tali rafia, masker, gunting.
  • Waktu Pelaksanaan: Jumat Tertib Arsip, mulai bulan Juni - Desember 2019, pukul: 08.00-10.00 WIB kecuali Jumat pertama (diperkuat oleh edaran dari pimpinan).
  • Jenis arsip yang diserahkan adalah arsip aktif.

Menyusun Draf Juknis Pengelolaan Arsip:

  • Alat kerja: aturan-aturan kearsipan.
  • Pelaksana: TU/unit kearsipan.
  • Waktu pelaksanaan: Juni-Desember 2019.
  • Penyempurnaan draf: melalui RDK.

Pengusulan Kebutuhan Anggaran Untuk Penataan Arsip 2020:

  • Pengendali: TU/Unit Kearsipan.
  • Waktu: Pagu Sementara 2020.

Niko/Joice

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 40
Total Hits : 17.21K