BERITA

Tuesday, 21 May 2019 10:43 AM

Dirjen: Penyuluh adalah Injil yang Hidup

Dirjen Bimas Katolik

Jakarta (DBKat)--Pertemuan Pembinaan Penyuluh Agama Katolik Non PNS sudah memasuki hari kedua. Mengawali kegiatan di hari kedua, Selasa (21/5), Dirjen mendapat kesempatan pertama untuk menyapa para peserta dengan memberikan arahannya yang sebagian besar memotivasi tugas Penyuluh.

Dirjen mengapresiasi semangat pelayanan para Penyuluh. “Penyuluh adalah suluh yang bercahaya. Karena itu jadilah terang dan garam, terlepas dari nyalamu seperti apa. Bercahayalah sesuai kemampuan atau kapasitas dan talenta yang dimiliki,” ungkapnya.

Sebagai umat Katolik, secara internal Penyuluh juga harus menggarami sesama umat Kristiani. “Umat kita secara internal juga sangat bervariasi. Sebagai Penyuluh, anda bertugas menjadikan orang Katolik yang memahami dengan baik ajaran agama pada aspek pengetahuannya. Banyak umat kita yang tidak paham ajaran agamanya. Penyuluh agama harus hadir untuk mencerahkan.”

Dirjen mengatakan bahwa Penyuluh betul melaksanakan tugas sebagai Katekis, tetapi ada yang lebih penting, Penyuluh juga membimbing umat Katolik untuk mempunyai wawasan kebangsaan dan memahami nilai-nilai Pancasila. “Program kerja Penyuluh bukan soal pembinaan keagamaan Katolik saja, tetapi membimbing umat untuk mempunyai nilai-nilai kebangsaan. Penyuluh harus bisa mensinergikan pembinaan nilai ajaran iman Katolik dengan nilai kebangsaan. Penyuluh harus menyiapkan orang Katolik yang militan memperjuangkan gereja Katolik dan sekaligus orang Katolik yang patriot, mencintai tanah airnya,” tegas Dirjen.

Dirjen juga mengingatkan bahwa manusia saat ini memasuki revolusi industri 4.0, dimana ciri-cirinya tenaga manusia sudah dianggap tidak menguntungkan, tidak produktif lagi, diganti tenaga mesin. “Manusia harus bersaing dengan mesin. Karena itu, berilah hatimu ketika menyuluh supaya bisa menyaingi mesin, dan Penyuluh harus lebih inovatif,” tegas Dirjen.

Di akhir pemaparannya, Dirjen berharap Penyuluh terus menjadi Injil yang hidup, yang selalu membawa kabar sukacita. (Joice)

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 43
Total Hits : 24.02K