BERITA

Wednesday, 29 May 2019 09:33 AM

Dirjen: Jangan Bersaksi Dusta

Dirjen Hadiri Pekan Komunikasi Sosial Nasional ke-6

Jakarta (DBKat) -- Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi, menjadi salah satu narasumber pada acara Seminar Nasional dalam rangka Pekan Komunikasi Sosial Nasional ke-6 yang dilaksanakan di Aula Gereja St. Fransiskus Asisi, Makassar, pada Senin (27/5).

Seminar Nasional ini mengambil tema: "Memperkokoh NKRI Melalui Media Digital". Dalam paparannya, Dirjen menjelaskan tentang bagaimana menghargai keberagaman Indonesia di era revolusi 4.0. Indonesia sebagai bangsa yang besar dan majemuk, dipersatukan dengan pondasi yang kuat, yaitu NKRI, Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Lalu bagaimana cara menjaga agar kita saling menghargai dan menghormati satu sama lain?" tanya Dirjen kepada 300 peserta seminar yang hadir. "Kita harus bertoleransi. Sebagai orang Katolik, saya yakin bahwa ajaran agama Katolik akan membuat kita selamat. Tetapi bukan berarti ajaran agama lain adalah salah. Jangan paksa yang lain mengikuti apa yang kita yakini," lanjut Dirjen.

Terkait industri 4.0, Dirjen menyampaikan bahwa saat ini peran manusia telah digantikan oleh mesin. Banyak industri yang lebih memanfaatkan mesin daripada manusia. Selain itu, relasi manusia juga semakin longgar. Lebih banyak yang menggunakan teknologi untuk berkomunikasi.

Dengan berbagai tantangan di era industri 4.0 ini, Dirjen menjelaskan kepada para peserta seminar untuk memahami literasi baru, yaitu literasi data, literasi manusia, literasi agama, dan literasi teknologi. "Mencegah efek industri dan teknologi yang negatif serta bijak dalam pemanfaatan teknologi, juga menjadi bagian dari apa yang bisa kita lakukan," tambah Dirjen.

Di akhir paparannya, Dirjen mengajak untuk melaksanakan perintah ke-8 pada 10 Perintah Allah, "Mari kita menjaga nilai-nilai kristiani sesuai ajaran 10 Perintah Allah, khususnya perintah ke-8, yaitu jangan bersaksi dusta,".

Seminar Nasional ini merupakan kerja sama antara Konferensi Waligereja Indonesia dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika. (Sakeng)

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 43
Total Hits : 45.74K