BERITA

Wednesday, 29 May 2019 04:22 PM

Pelantikan Pejabat Eselon IV di Lingkungan Ditjen Bimas Katolik

Dirjen, Sekretaris, Romo Pendamping bersama Pejabat yang Baru Dilantik

Jakarta (DBKat) Dirjen Bimas Katolik, Eusabius Binsasi, melantik satu orang Pejabat Eselon IV yang mutasi pada bulan Januari dan dua orang Pelaksana yang telah mengikuti Seleksi Jabatan pada Ditjen Bimas Katolik pada Rabu (29/5) dan disaksikan oleh Sekretaris Ditjen Bimas Katolik, Aloma Sarumaha, serta Direktur Urusan Agama Katolik, Fransiskus Endang.

Kepada para pejabat yang dilantik, Dirjen menyampaikan bahwa jabatan adalah kedudukan yang menunjukkan fungsi, tugas, tanggung jawab, wewewang, dan hak seorang ASN dalam satuan organisasi seperti yang tertuang dalam PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Setiap jabatan mempunyai fungsi atau mengambil bagian dalam mencapai visi dan misi Ditjen Bimas Katolik. “Setiap pemangku jabatan harus mengetahui wewenang yang merupakan hak dan kekuasaan sebagai pemangku jabatan dalam mengambil sikap atau tindakan,” jelas Dirjen.

Dirjen juga menegaskan kembali 5 Budaya Kerja Kementerian Agama yang perlu dipahami dan dilaksanakan oleh PNS pada Kementerian Agama yaitu pertama Integritas: merupakan keselarasan antara hati, pikiran, perkataan, dan perbuatan. Kedua, Profesionalitas: bekerja secara disiplin, kompeten, dan tepat waktu dengan hasil terbaik. Ketiga, Inovasi: menyempurnakan yang sudah ada dan mengkreasikan hal baru yang lebih baik. Keempat, Tanggung Jawab: bekerja secara tuntas dan konsekuen. Kelima, Keteladanan: menjadi contoh yang baik bagi orang lain.

Terkait dengan revolusi industri 4.0, Dirjen menjelaskan bahwa saat ini banyak perkembangan baru. Hal ini tidak lagi bisa kita bendung dan terjadi juga dalam penyelenggaraan negara dengan kita sebagai ASN.  Menurut Dirjen, kecerdasan artifisial sudah sangat tinggi, tapi agama tidak digantikan oleh mesin. Hati tidak digantikan oleh mesin, dan iman tidak digantikan oleh mesin. Dari 5 Budaya Kerja, profesionalitas dan inovasi mungkin akan diganti. “Namun integritas, tanggung jawab, dan keteladanan tidak akan dapat digantikan oleh mesin,” tegas Dirjen. 

Oleh karena itu, lanjut Dirjen, ASN dituntut untuk selalu meng-upgrade diri untuk menjadi SMART ASN yaitu ASN yang memiliki integritas, nasionalisme, wawasan global, menguasai teknologi dan bahasa asing, pelayanan, jaringan, dan kewirausahaan.

 “Tingkah laku boleh berubah sebagai pejabat, tetapi jangan lupa pejabat yang melayani masyarakat, melayani umat Katolik, dan saling melayani di keluarga besar Ditjen Bimas Katolik,” pesan Dirjen kepada pejabat yang dilantik.

Pejabat yang baru dilantik adalah sebagai berikut:

  • Sri Mardiyati, S.FK, M.Si. sebagai Kasubbag Rumah Tangga pada Bagian Umum dan Barang Milik Negara (BMN).
  • Maria Loek Nama Masang, S.Sos., M.Si. sebagai Kasubbag Sistem Informasi dan Hubungan Masyarakat pada Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi.
  • Sendy Kurnianto, S.E.,M.AP. sebagai Kasubbag Akuntansi dan Pelaporan Keuangan pada Bagian Keuangan.

 Selain pelantikan pejabat Eselon IV, juga dilaksanakan penyerahan SK CPNS oleh Dirjen Bimas Katolik kepada 5 orang CPNS, yaitu:

  • Meilita, S.E. sebagai Analis Data dan Informasi pada Seksi Bina Lembaga Subdit Kelembagaan.
  • Ela Gustiva Sari Damanik, S.T. sebagai Analis Data dan Informasi pada Seksi Bina Lembaga Subdit Kelembagaan.
  • Kresentia Nita Kurnia Dewi, S.Kom. sebagai Analis Data dan Informasi pada Seksi Bina Lembaga Subdit Kelembagaan.
  • Ruben Andreas Sihaloho, S.Kom. sebagai Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama pada Subbagian Perlengkapan dan Barang Milik Negara (BMN) Bagian Umum dan Barang Milik Negara.
  • Sukma Sari Br. Ginting, S.T. Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama pada Subbagian Perlengkapan dan Barang Milik Negara (BMN) Bagian Umum dan Barang Milik Negara.

Kepada CPNS Dirjen mengucapkan selamat datang dan selamat menjadi bagian dari keluarga besar Ditjen Bimas Katolik. Dirjen menegaskan kepada CPNS agar mengetahui tugas dan fungsi Ditjen Bimas Katolik supaya dapat melaksanakan pelayanan dengan baik.

“Anda mendapat kesempatan yang luar biasa, dipilih dari sekian banyak yang berkeinginan. Ini adalah rahmat dari Allah yang diberikan secara cuma-cuma, oleh karena itu harus dijaga sebagai suatu bentuk pelayanan dan tanggung jawab kepada masyarakat,” ujar Dirjen. 

Selamat bertugas kepada pejabat yang baru dilantik.

Selamat datang kepada CPNS.

(Sakeng)

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 43
Total Hits : 45.73K