BERITA

Tuesday, 03 September 2019 11:18 AM

Sekretaris Ditjen Bimas Katolik Ucapkan Selamat Atas Pengangkatan Yang Mulia Mgr. Suharyo sebagai Kardinal

Sekretaris Ditjen Bimas Katolik dan Ketua KWI (DBK)

Jakarta (DBKat) -- Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik - Kementerian Agama menyampaikan Selamat atas pengangkatan Yang Mulia Mgr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo sebagai Kardinal. Seperti diketahui pada tanggal 1 September 2019, Tahta Suci mengumumkan diangkatnya 10 Kardinal baru. Salah satunya Yang Mulia Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Agung  Keuskupan Agung Jakarta, yang juga menjabat sebagai Ketua Konferensi Waligereja Indonesia.

Di waktu yang sama, hari minggu (01/09), bertepatan pula dengan Tahun Baru 1441 Hijriyah. Sebuah perayaan keagamaan yang diperingati oleh masyarakat Muslim di dunia. Momen ini, ungkap Sekretaris, memberi makna bahwa Yang Mulia Mgr. Suharyo milik semua. Sekretaris pun menyebut peristiwa pengangkatan ini  sebagai 'Rahmat Tuhan yang bekerja dengan caraNya sendiri'

"Beliau (Bapa Uskup-red), bisa direpresentasikan sebagai 'jembatan sejuk'  yang menyeberangkan umat beragama kepada kedamaian, kerukunan, dan harmonisasi," ungkap Sekretaris.

Sebelumnya, Uskup Agung yang bersahaja itu mengungkapkan rasa syukurnya atas pengangkatan ini.  "Puji syukur kepada Tuhan atas kepercayaan dan cinta kasih Paus Fransiskus bagi Gereja Katolik Indonesia dengan pengangkatan Mgr. Ignatius Suharyo menjadi Kardinal," kata Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta Romo V. Adi Prasojo dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu (01/09).

Yang Mulia Mgr. Ignatius Suharyo beserta 10 orang lainnya akan dilantik menjadi Kardinal dalam Consistorium atau Sidang Para Kardinal pada 5 Oktober 2019 di Vatikan.

Uskup Keuskupan Agung Jakarta, Yang Mulia Mgr. Ignatius Suharyo, dipercaya mengemban tugas perutusan sebagai kardinal ketiga yang dimiliki Indonesia setelah Justinus Kardinal  Darmojuwono dan Julius Kardinal Darmaatmadja.

Yang Mulia Mgr. Ignatius Suharyo lahir di Sedayu, Bantul, Yogyakarta pada 9 Juli 1950. Mgr. Ignatius menjadi Uskup Agung Jakarta sejak 29 Juni 2010, menggantikan Julius Kardinal Darmaatmadja.

Sebelum menjadi Uskup Agung Jakarta, Yang Mulia Mgr. Ignatius Suharyo mengemban tugas sebagai Uskup Agung Koajutor Jakarta, juga pernah menjabat sebagai Uskup Agung Semarang. (Maria)

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 43
Total Hits : 45.06K