BERITA

Wednesday, 04 September 2019 05:48 PM

LP3KD DIY Gelar Rapat Evaluasi Pesparani Daerah DIY Pertama

Penyerahan piala bergilir Juara Umum Pesparani kepada Perwakilan Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Pugeran

Yogyakarta (DBKat)-- Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (LP3KD DIY)  menggelar rapat koordinasi di Rumah Makan Sendang Ayu Kalasan, Selasa (09/3). Rapat koordinasi yang diikuti 40 orang panitia ini digelar untuk mengevaluasi pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Daerah DIY Pertama yang telah terlaksana di Komplek Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta, pada 20-21 Juli 2019 lalu.

Selain melakukan evaluasi, rapat tersebut juga membicarakan rencana awal persiapan untuk mengikuti Pesparani Nasional II, yang akan dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hadir dalam rapat ini Romo Vikep Kevikepan DIY, Romo Adrianus Maradiyo, Pr, dan Perwakilan Pemda DIY sekaligus Ketua I LP3KD DIY, Th. Sugiyanta.

Pembimas Katolik sebagai Ketua Umum LP3KD DIY, Kristoforus Sinselius dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan dan kerjasama dari Pemda DIY yang sudah memfasilitasi, kepada gereja, umat Katolik dan seluruh panitia yang terlibat.

“Proses Pesparani Daerah DIY Pertama secara umum berjalan dengan baik berkat kerjasama semua pihak. Kita juga patus bersyukur karena Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Rubiyatmoko, Pr. sudah berkenan datang dan menyapa serta mengapresiasi pelaksanaan Pesparani. Semoga ke depan pengalaman yang didapatkan dari proses pelaksanaan Perparani Pertama ini bisa menjadi sebuah modal untuk dikembangkan sehingga pada kesempatan pelaksanaan Pesparani Daerah yang akan datang semakin menjadi lebih baik,” ungkap Kristo.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Pesparani  mulai dikenal di DIY sehingga baik jika LP3KD DIY semakin mensosialisasikan dan mengenalkan profil Pesparani kepada umat Katolik di DIY.

Dalam kesempatan yang sama Sugiyanta menyampaikan bahwa evaluasi ini sangat perlu dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas Pesparani berikutnya.

“Panitia sudah bekerja dengan sangat keras meskipun waktu persiapan sangat singkat, namun masih ada PR yang besar karena tahun depan kita akan mengikuti lomba tingkat nasional dan evaluasi seperti ini sangat perlu sekali dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas Pesparani pada tahun-tahun mendatang,” ujar Sugiyanta.

Acara dilanjutkan dengan evaluasi dan masukkan dari Panitia dan beberapa koordinator di masing-masing kategori lomba Pesparani I mulai dari tahap persiapan sampai pada pelaksnaan lomba.

Selain itu, dalam acara tersebut juga diserahkan Piala Bergilir Juara Umum yang diserahkan langsung oleh Romo Vikep didampingi Ketua Umum LP3KD DIY kepada perwakilan dari Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Pugeran sebagai Paroki Peraih Juara Umum Pesparani Daerah DIY Pertama tahun 2019.

Menutup kegiatan rapat evaluasi, Romo Maradiyo memberikan arahan sekaligus peneguhan. Dalam sambutannya Romo Vikep menyampaikan selamat atas terselenggaranya Pesparani I. “Kita sangat beruntung dapat melaksanakan Pesparani dalam tingkat Provinsi, saya sungguh mengapresiasi kegiatan Pesparani. Meskipun waktu persiapan yang sangat mepet tetapi dapat berjalan dengan lancar, lembaga mampu mensosialisasikan dan melibatkan paroki-paroki yang ada di Kevikepan DIY.  Jika ada beberapa kendala hal itu lumrah, selamat atas terselenggaranya Pesparani I,” ungkap Romo Maradiyo.

Lebih lanjut Romo Vikep menyampaikan bahwa sosialiasi tentang Pesparani sangat penting karena perlu di masukan dalam RAPB paroki sehingga paroki dapat mendukung kegiatan Pesparani. Perlu ada riset kecil berapa paroki yang terlibat aktif  berapa paroki yang belum terlibat.

(sus)

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 43
Total Hits : 45.07K