BERITA

Thursday, 03 October 2019 02:22 PM

Menteri Agama akan Hadiri Pelantikan Kardinal di Vatikan

Menag dan Sekretaris di Basilika Fransiskus dari Assisi

Vatikan (DBKat)--Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didampingi Sekretaris Ditjen Bimas Katolik, Aloma Sarumaha, dan Kasubbid Pengembangan Dialog dan Multikultural Pusat Kerukunan Umat Beragama, Paulus Tasik Galle’ bertolak ke Roma, Selasa (1/10) untuk menghadiri pelantikan Mgr. Ignatius Suharyo sebagai Kardinal. Sehari sebelumnya, Menteri Agama juga melakukan audiensi kepada Mgr. Ignatius Suharyo di Keuskupan Agung Jakarta terkait keberangkatannya ke Vatikan.

Menteri Agama bersama rombongan tiba di Roma Selasa siang, jam 13.00 waktu Roma dan disambut oleh Duta Besar Indonesia di Vatikan, Antonius Agus Sriyono. Dubes mengungkapkan kegembiraannya atas kehadiran Menteri Agama pada perhelatan agung pelantikan Mgr. Ignatius Suharyo sebagai Kardinal yang akan dilaksanakan dalam Consistorium (Sidang Para Kardinal) pada 5 Oktober 2019 di Vatikan. Menurut Dubes, Paus Fransiskus sangat terkesan dan memberi perhatian tentang kehidupan beragama di Indonesia. Pada kesempatan yang sama, Dubes menyampaikan bahwa Ia juga akan menjadi narasumber  pada pertemuan kelompok Papua yang akan mempresentasikan hasil riset mereka terkait HAM di Papua.

Ada beberapa agenda Menteri Agama dan rombongan selama di Vatikan, diantaranya audiensi umum dengan Paus Fransiskus di Basilika Santo Petrus Roma, napak tilas ke Assisi, bertemu dengan Presiden Pontifical Council for Interreligious Dialogue (PCID) atau Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Tahta Suci Vatikan, mengunjungi Museum Vatikan. Di  Basilika St. Fransiskus dari Assisi, Menteri Agama dan rombongan menyimak penjelasan Pastor Pio Amran Sugiarto Purba, OFM Conv tentang sejarah St. Fansiskus Assisi. Assisi adalah sebuah kota indah dan memiliki nilai seni luar biasa. Di dalam Basilika, tersimpan relikwi Santo Fransiskus dan baju yang pernah dipakainya ketika melakukan pelayanan.

Di Basilika Santo Petrus, Menteri Agama dan rombongan juga menyaksikan sambutan Paus Fransiskus yang menyapa semua umat dan wisatawan yang hadir dari seluruh dunia. Hadir pula Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Ignatius Dorell Leiking. Dalam dialog dengan Menteri Agama, Dorell Leiking menyampaikan bahwa Malaysia sangat menghormati Indonesia, diantaranya dalam usaha untuk mengeratkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Dibaca
Today Visitor :1
Total Visitor : 44
Total Hits : 56.43K